20 Desember 2008

Menulis Itu Sulit

. 20 Desember 2008

*Evaluasi Tahun 2008

Tak terasa penghujung tahun 2008 sudah di depan mata. Itu artinya sudah hampir 7 bulan saya mengelola blog ini sejak bulan Mei kemarin. Saya buka satu-persatu goresan-goresan tulisan yang sudah diposting selama ini. Alhamdulillah, cukup rajin juga rupanya saya menulis.


Saya tersenyum ketika melihat postingan saya yang pertama kali yang diberi judul “Aku Mulai Hari Ini” yang berisikan permulaanku menulis melalui media blog. Diawali dengan kebiasaanku berkata-kata sendiri, menganalisa sendiri setiap yang menarik. Sampai terpikir kenapa setiap pikiranku ditulis supaya lebih apik. Sampai akhirnya tercetuslah untuk memiliki akun blog. “Menebar Manfaat” adalah tema blog ini. Sebuah usaha agar blog ini dapat bermanfaat bagi orang lain yang membacanya.

Kalau direnungi, ternyata menulis itu sulit. Bahkan sangat sulit. Menulis itu sangatlah sulit kalau tidak pernah dimulai. Sesuatu hal yang mudah akan dicapai setelah melalui berbagai kesulitan. Tidak ada kata kedua sebelum ada kata pertama, tidak ada kalimat kedua sebelum ada kalimat pertama, dan tidak ada alinea kedua sebelum alinea pertama. Dengan demikian, berani memulai akan menentukan langkah selanjutnya.
Teman saya pernah berujar, “Menulis tumbuh bukan karena adanya bakat, seseorang yang tidak berbakat sekalipun tetapi kalau punya keberanian untuk memulai maka bisa menjadi penulis”
Wah… itu kan saya.

Memang, tulisan-tulisan yang saya muat masih jauh dari kata sempurna dalam artian masih sangat sederhana. Akan tetapi, itu adalah tonggak awal perbaikan untuk selanjutnya. Karena kalau tidak sekarang lantas kapan lagi kita akan memulai.

 
Fahmi Azzam is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com